Tim AIA Akuntansi UNPAR Raih Juara Kedua di Ajang Veteran Accounting Festival 2021

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali menorehkan prestasi di tingkat perguruan tinggi. Kali ini, tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi UNPAR berhasil meraih juara kedua dalam ajang Veteran Accounting Festival (VIRAL) 2021. 

Tim dengan nama AIA yang beranggotakan Agatha Honggo Winarta, Ivan Hardy, dan Anastasia Nikita Partawidjaja  berhasil mengalahkan 98 tim dari 100 tim yang mengikuti lomba tersebut. VIRAL 2021 merupakan ajang kompetisi akuntansi tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan atas kolaborasi Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himasi), A+, dan Accounting Study Club (ASC) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Seluruh rangkaian perlombaan diselenggarakan secara online melalui media Zoom.

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, yang dimulai sejak babak penyisihan pada 5 September 2021, pada 12 September 2021, tim AIA Akuntansi UNPAR diumumkan sebagai juara kedua dalam ajang akuntansi mahasiswa Indonesia itu. 

Dalam ajang tersebut, setiap tim diberikan tiga paket soal yang berbeda dengan jumlah soal sebanyak 50 butir per paketnya. Tim harus menyelesaikan semua soal tersebut di platform Zoho Forms dalam waktu 90 menit. Tim AIA kemudian berhasil lolos ke babak semifinal dengan 14 tim lainnya.

Babak semifinal diadakan pada 11 September 2021. Babak semifinal ini dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, setiap tim diberikan 5 butir soal esai yang harus diselesaikan dalam waktu 120 menit, sedangkan pada tahap kedua, setiap tim diberikan 30 butir soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 60 menit. Berdasarkan akumulasi poin yang diperoleh dari babak penyisihan hingga sekarang, akan diambil 5 tim dengan poin tertinggi untuk dilanjutkan ke babak final. Tim AIA memperoleh peringkat kedua dan dapat ikut serta di babak terakhir, yaitu babak final.

Selanjutnya pada babak terakhir, terdapat tiga sesi dengan penilaian yang dilakukan oleh tiga juri yaitu Afni Sirait, S.E., M.Acc., Ida Ayu Purnama, S.E., M.Sc., dan Siti Rokhimah, S.Pd., M.Acc.. Ketiganya merupakan dosen jurusan Akuntansi UPN Veteran Yogyakarta. Poin yang diperoleh dari ketiga babak tersebut digabung dengan poin yang diperoleh dari babak-babak sebelumnya yang menentukan pemenang dari perlombaan ini. Berkat kerja sama tim dan bekal pengetahuan yang memadai, Tim AIA berhasil memperoleh juara kedua VIRAL 2021.

Dimulai dari tahap persiapan hingga terselesaikannya lomba ini tentunya bukanlah proses yang mudah. Namun, berkat dukungan dari orang-orang terdekat, terutama dosen pembimbing Tim Lomba Akuntansi 2018, Tim AIA mendapatkan banyak sekali pelajaran dan ilmu yang berharga, serta bersyukur mendapat kesempatan untuk mengharumkan nama UNPAR. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

Artikel Tim AIA Akuntansi UNPAR Raih Juara Kedua di Ajang Veteran Accounting Festival 2021 diambil dari situs web Universitas Katolik Parahyangan.

Berita Terkini

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

UNPAR.AC.ID, Bandung – Sampai saat ini, masyarakat sering kali menghakimi atau mendiskriminasi suatu golongan tertentu yang masih kental dengan adat serta budaya seperti masyarakat adat, serta mengaitkannya dengan agama. Namun, Mgr. Geise, seorang misionaris sekaligus...

Kontak Media

Divisi Publikasi

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Sep 21, 2021

X