Tim Akuntansi UNPAR Sabet Tiga Penghargaan National Accounting Competition and Seminar 2021

Tim Lomba Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berhasil menyabet tiga penghargaan dalam National Accounting Competition and Seminar (TACTICS) 2021 yang diselenggarakan Universitas Bunda Mulia Serpong pada 28-29 Juni 2021 lalu. Prestasi tersebut diraih Tim Lomba Prodi Akuntansi UNPAR usai bertanding melawan 38 tim dari berbagai universitas. 

Tim Lomba Prodi Akuntansi UNPAR dalam lomba ini diwakili oleh tim “Ji Pyeong” (Lulu Carissa Soegiharto/6041801109 dan Grace Marcella/6041801163), tim “Apple Pie” (Nathasia Ferkim/6041801041 dan Stefanie Levana Thedjakusuma/6041801202), dan tim “Renn” (Nicholas Nathanael/6041801155 dan Jessica Renata/6041801047).

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (5/7/2021), seluruh rangkaian kompetisi diadakan secara daring melalui platform Zoom. Lomba ini dimulai dengan pembuatan makalah dengan tema “Mewujudkan Akuntan yang Berkualitas di Era Kemajuan Teknologi” yang dikumpulkan pada tanggal 26 Juni 2021.

Pada babak preliminary, semua anggota tim diberikan soal dalam bentuk G-Form dan nilai dari setiap anggota tim akan diakumulasi menjadi nilai 1 tim. Di babak ini, 20 tim dengan poin akumulasi tertinggi akan lanjut ke babak Quarter Final. Berdasarkan pengumuman, ketiga tim dari UNPAR (tim Ji Pyeong, Apple Pie, Renn) berhasil lanjut ke babak Quarter Final.

Pada babak Quarter Final, 20 tim dibagikan ke dalam 5 breakout room Zoom dan melakukan presentasi makalah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Judul makalah dari tim Ji Pyeong adalah ”Penguasaan Data Analytics & Data Science, Senjata Bagi Akuntan Dalam Menghadapi Perubahan Era Kemajuan Teknologi”. Tim Apple Pie adalah ”Respons Auditor dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi”, dan tim Renn dengan judul makalah “Peran Big Data dan Internet of Things terhadap Profesi Akuntan pada Era Revolusi Industri 4.0”.

Durasi waktu pada babak ini adalah 20 menit, di mana 15 menit awal digunakan untuk mempresentasikan makalah dan 5 menit kemudian digunakan untuk tanya jawab. 15 tim dengan akumulasi poin tertinggi akan lanjut ke babak Semifinal. Pada babak ini, ketiga tim dari UNPAR dinyatakan lolos ke babak Semifinal yang diadakan pada tanggal 29 Juni 2021

Pada babak Semifinal, 15 tim dibagi ke dalam 5 breakout room Zoom secara acak. Pada tahap ini, tiga kelompok dalam 1 breakout room akan melakukan roling dalam menjawab soal berbeda. 5 tim yang memperoleh akumulasi poin tertinggi akan lanjut ke babak Final. Pada babak ini, ketiga tim dari UNPAR dinyatakan lolos ke babak Final. Babak Final juga akan diikuti oleh peserta yang berasal dari Universitas Bunda Mulia Serpong dan Universitas Airlangga.

Pelaksanaan babak Final dibagi ke dalam 2 ronde. Pada ronde pertama, peserta akan disajikan 5 amplop dengan warna yang berbeda. Kemudian, peserta akan secara bergiliran memilih warna amplop yang berisi nomor urut dan paket soal (terdiri dari 3 soal). Dalam ronde ini sistem penilaian yang digunakan adalah mempertaruhkan poin.

Pada ronde kedua, panitia akan membacakan soal dan memberikan waktu untuk menjawab sesuai dengan tipe soal. Soal yang tersedia pada ronde ini adalah sebanyak 10 soal. Untuk menjawab, peserta dapat menuliskannya pada selembar kertas. Kemudian, peserta akan mengirimkan foto jawaban kepada Liaison Officer masing-masing peserta. 

Jawaban setiap tim akan ditampilkan secara bersamaan pada layar share screen. Dalam ronde ini sistem penilaian yang digunakan adalah mempertaruhkan poin. Pada babak Final, tim Ji Pyeong meraih juara ke-2, tim Apple Pie juara ke-3, dan tim Renn mendapatkan juara Harapan 1. Semoga kompetisi ini menjadi suatu hal yang bisa menyemangati mahasiswa UNPAR untuk semakin semangat belajar. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR/Sumber: Rilis Prodi Akuntansi UNPAR)

The post Tim Akuntansi UNPAR Sabet Tiga Penghargaan National Accounting Competition and Seminar 2021 appeared first on Universitas Katolik Parahyangan.

Berita Terkini

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

UNPAR.AC.ID, Bandung – Sampai saat ini, masyarakat sering kali menghakimi atau mendiskriminasi suatu golongan tertentu yang masih kental dengan adat serta budaya seperti masyarakat adat, serta mengaitkannya dengan agama. Namun, Mgr. Geise, seorang misionaris sekaligus...

Kontak Media

Divisi Publikasi

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Jul 5, 2021

X