Membanggakan, Mahasiswa UNPAR Lolos ke Tahap Nasional Kompetisi Matematika dan IPA 2021 Kemendikbudristek

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali menunjukkan eksistensinya di kompetisi tingkat nasional. Kali ini, mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika pada Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR Elbert Louis lolos ke tahap III (Tingkat Nasional) pada Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT) 2021 yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasonal pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Elbert lolos bersama 64 mahasiswa peserta lainnya di Bidang Matematika. 

Menyadur Pedoman Pelaksanaan Kompetisi Nasional MIPA Tahun 2021, KNMIPA-PT merupakan salah satu kegiatan yang memfasilitasi dan menjaring mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa bertalenta di bidang sains dan mempersiapkan lulusan yang mampu menjawab tantangan dan perubahan zaman melalui bidang MIPA.

Kompetisi KNMIPA-PT tahun ini dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi tahap I di tingkat perguruan tinggi, tahap II di tingkat wilayah, dan tahap III di tingkat nasional. Peserta yang lolos ke tahap III berjumlah maksimal 65 orang untuk setiap bidang, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Selanjutnya, di tahap III nanti akan dipilih 25 mahasiswa terbaik per bidang dengan rincian masing-masing yaitu, 4 peraih medali emas, 6 peraih medali perak, 10 peraih medali perunggu, dan 5 honorable mention.

Dalam surat pengumuman bernomor 1175 /J3/KM.05.03/2021 tertanggal 3 Juli 2021, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan seleksi dan penilaian tingkat wilayah KNMIPA-PT 2021. 

“Berdasarkan hasil seleksi tingkat wilayah yang telah dilaksanakan, maka Pusat Prestasi Nasional memutuskan peserta KNMIPA-PT 2021 yang lolos ke tahap nasional tercantum di lampiran surat ini. Apabila terdapat pertanyaan dalam pelaksanaan pendaftaran, dapat menghubungi panitia melalui aplikasi Telegram https://t.me/KNMIPA2021. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih,” ucapnya dikutip dalam surat tersebut, Senin (5/7/2021).

Sementara itu, Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D., menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Elbert lolos ke tahap III KNMIPA-PT 2021. Rektor pun mengucapkan selamat atas dukungan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) dan Program Studi Matematika UNPAR.

“Selamat untuk bu Dekan FTIS, Prodi Math, dan mahasiswa Elbert. Membanggakan,” tutur Rektor dalam keterangan tertulisnya.

Kemendikbudristek membentuk Pusat Prestasi Nasional yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik. Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Selain itu, KNMIPA-PT juga dilaksanakan untuk memenuhi salah satu kebijakan Mendikbudristek Nadiem Makarim terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebagai realisasi dari MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbudristek telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi, salah satu IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya adalah memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. KNMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut. (Ira Veratika SN-Humkoler UNPAR)

The post Membanggakan, Mahasiswa UNPAR Lolos ke Tahap Nasional Kompetisi Matematika dan IPA 2021 Kemendikbudristek appeared first on Universitas Katolik Parahyangan.

Berita Terkini

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

Menilik Relasi Masyarakat Baduy dan Agama dalam Sudut Pandang Geise

UNPAR.AC.ID, Bandung – Sampai saat ini, masyarakat sering kali menghakimi atau mendiskriminasi suatu golongan tertentu yang masih kental dengan adat serta budaya seperti masyarakat adat, serta mengaitkannya dengan agama. Namun, Mgr. Geise, seorang misionaris sekaligus...

Kontak Media

Divisi Publikasi

Kantor Pemasaran dan Admisi, Universitas Katolik Parahyangan

Jln. Ciumbuleuit No. 94 Bandung
40141 Jawa Barat

Jul 5, 2021

X